A.
PENGERTIAN
ORGANISASI
Istilah organisasi
berasal dari kata organon/bahasa yunani. Yang berarti alat, tools. Desain
organisasi (organizational design) merupakan proses memilih dan
mengimplementasikan struktur yang terbaik untuk mengelola sumber-sumber untuk
mencapai tujuan. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah
dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis,
terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber
daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara
efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
B.
MANAJEMEN
DAN ORGANISASI
Rangkaian proses kegiatan yang harus
dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor-faktor yang
menentukan bagi berhasilnya proses manajemen yaitu mencapai tujuan apa yang
telah ditetapkan.
Dari
Pemgertian diatas O & M mengandung maksud:
a. Kunci
dan Syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
b. Mutlak
dalam kegiatan manajemen
c. Memanfaatkan
segala sumber dan waktu
d. Berguna
untuk peningkatan efesiensi kerja untuk mencapai tujuan
MANAJEMEN
:
Proses dari kegiatan
seorang manajer bagaimana mengambil keputusan yang terbaik melalui kerjasama dengan orang lain tanpa
mengabaikan sumber-sumber yang tersedia untuk pencapaian tujuan
Kegitan Manajemen :
1.
Planning
(perencanaan)
Berpikir, menduga, menentukan prioritas, kegiatan
bersifat non fisik diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran
organisasi
2.
Organizing (pengorganisasian)
Proses penyusunan pembagian kerja ke
dalam unit kerja dan fungsinya, penempatan orang yang tepat agar pelaksanaan
pembagian kerja sesuai dengan perencanaan, dalam penempatan orang atau staf
diharapkan objektif
3.
Motivating (motivasi)
Membina, mendorong semangat dan kerelaan
kerja para pegawai, memberikan rangsangan baik bersifat rohaniah atau
jasmaniah. Rohaniah: Kenaikan pangkat, Pendidikan dan pengembangan karir,
pemberian cuti, penambahan pengalaman, penelenggaraan human relation dengan
tepat Jasmaniah: Sistem Upah gaji yang
menggairahkan, pemberian tunjangan, distribusi sandang
pangan, penyediaan fasilitas rumah, kendaraan dan jaminan pemeliharaan
kesehatan
4.
Controlling (pengendalian)
Mengadakan pengawasan, penyempurnaan,
evaluasi agar tujuan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan,
mengetahui sampai sejauh mana pekerjaan dijalankan, seberapa besar sumber
dimanfaatkan setelah diketahui kemudian dapat dikoreksi, apa yang harus
dilakukan selanjutnya
Referensi :
-
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_organisasi_dan_metode/bab1_arti_penting_organisasi_dan_metode.pdf.
- Buku TEORI ORGANISASI karya Prof. Dr. Gudono, Ak MBA
- Buku TEORI ORGANISASI karya Prof. Dr. Gudono, Ak MBA